Sunday, May 01, 2011

Mengganti Wifi Adapter dengan Airport Compatible di Fujitsu S6410

Fujitsu lifebook s6410 dilengkapi dengan wifi card intel 4965 A/G/N yang bekerja di frekwensi di 2.4 Ghz, 5.5Ghz dan mendukung kecepatan transfer data 54mbps dan 150mbps. Wifi card Intel ini bekerja dengan baik di Windows XP, Vista maupun Windows7 tetapi sayang saat ini belum dapat digunakan untuk Snow Leopard.

Sebenarnya sudah ada orang yang mengupayakan driver untuk intel wifi card, diantaranya mercurysquad. tetapi driver ini kurang stabil dan hanya dapat mendukung open wireless network. Sementara fitur WEP atau WPA personal maupun enterprise belum didukung. Ada solusi yang murah dan cepat dengan menggunakan Wireless Dongle Ralink. Tetapi kekurangan nya hanya mendukung WPA personal dan menggunakan software tambahan RalinkUI bukan menggunakan User Interface Airport.




Metode lain yaitu dengan mengganti wifi mini pci dengan wifi card lain yang didukung oleh Snow Leopard. Salah satu wifi card yang support adalah Dell 1390 yang menggunakan chipset Broadcom BCM4311. Wifi card ini banyak dijual di ebay dengan harga dibawah £10, berikut langkah penggantian wifi mini pci card pada Lifebook S6410.











Sekarang interface airport bisa digunakan untuk wifi pada Lifebook S6410 seperti dibawah.

No comments: